Cara Install Windows 10

Cara install windows 10 ini bisa kamu lakukan secarara langsung di rumah, arshblog akan membantu kamu untuk melakukan instalasi windows 10.

Sebagai sistem operasi terbaru dan terkeren, Windows 10 menjadi pilihan utama bagi para pengguna perangkat komputer ataupun laptop, Karena fitur yang tersedia cukup sangat bermanfaat dan mengingat interface dari windows 10 ini sangatlah keren dan user friendly.

Tidak hanya itu saja, fitur dan beberapa kelebihan windows 10 yang tidak dimiliki versi sebelumnya membuat para pengguna nyaman menggunakan sistem operasi terbaru ini. Untuk lebih lanjut silahkan simak ulasan di bawah ini.

Apa saja hal-hal yang perlu di siapkan dan di perhatikan sebelum menginstall windows 10?

  • Pastikan daya baterai penuh
  • Pastikan Spesifikasi PC Masuk Kriteria
  • Lakukan Back Up File penting terlebih dahulu
  • Kosongkan sedikit ruang penyimpanan
  • Persiapkan Software Sistem Operasi Windows 10
  • Persiapkan Alat Instalasi Operasi Sistem
  • Koneksi internet stabil

Jika kamu pengguna laptop dan ingin melakukan proses instalasi pastikan daya baterai kamu cukup, atau kamu bisa mencolokan charger kedalam laptop disaat proses instalasi berjalan, Nah jika sekiranya semua sudah sesuai, ikuti langkah-langkah untuk install windows 10 dengan dvd atau flashdisk di bawah ini.

1. Siapkan File Instalasi

Tahap pertama yang harus disiapkan yaitu media installer windows 10, File ini bisanya di dapatkan pada DVD atau kaset disaat kita membeli lisensi windows 10.

Jika tidak memilikinya kamu bisa mengunduhnya di situs resmi Microsoft kemudian membuat bootable windows 10 menggunakan flashdisk. Untuk membuat bootable pada usb flashdisk, kamu bisa menggunakan software rufus.

2. Atur Boot Priority di BIOS

Silahkan atur boot priority di setting bios agar booting pertama kali dilakukan dari flashdisk, Karena secara default, perangkat komputer atau laptop melakukan booting melalui hardisk, Silahkan ubah agar booting dapat melalui Flashdisk/DVD dengan cara berikut:

  1. Masukan atau Hubungkan Media Instalasi ke PC, Jika menggunakan flashdisk, silahkan hubungkan flashdisk pada komputer atau laptop yang akan di install windows 10
  2. Lalu restart laptop atau PC kemudian masuk bios dengan menekan tombol Del atau F1,F2,F10/ESC disaat proses restart sedang berjalan
  3. Pada menu BIOS masuk ke menu Boot dan ubah boot priority ke Flashdisk atau DVD yang berisi file installer windows 10
  4. Jika boot priority sudah berhasil di ubah, Simpan pengaturan tersebut dengan cara menekan tombol F10 → Exit → Save Configuration Changes → Yes
    setting boot priority bios
  5. Setelah melakukan settingan pada BIOS, Komputer akan melakukan restart dengan sendirinya secara otomatis, Tunggu beberapa saat untuk melanjutkan proses instalasi

3. Proses Instalasi Windows 10

Setelah proses restart selesai, Laptop atau PC akan menyala, Kamu akan di minta untuk melengkapi pertanyaan pertanyaan pada menu yang tersedia, untuk langkah selanjutnya ikuti beberapa langkah di bawah ini:

  1. Mengatur bahasa yang akan digunakan (Ubah menjadi bahasa indonesia), format waktu dan input keyboard sesuai dengan apa yang kamu mau, Jika sudah klik tombol Next untuk melanjutkan proses selanjutnya.
  2. Lalu setujui lisensi atau centang I accept the license terms. setelah itu klik tombol next untuk melanjutkan.
  3. Menu selanjutnya kamu akan diberi 2 pilih instalasi yaitu upgrade dan custome untuk proses clean install silahkan pilih Custom: Install Windows only (advanced)
  4. Langkah selanjutnya mungkin cukup rumit, Karena di pengaturan ini kamu harus menghapus partisi utama dan partisi sitem operasi pada hardisk pc atau laptop kamu, Silahkan hapus semua partisi yang ada.
  5. Jika semua partisi sudah terhapus, silahkan membuat partisi baru dengan cara klik “Unallocated space” kemudian klik “New” lalu pilih “Apply”
    kemudian kamu buat drive C isikan size seusai dengan ukuran drive yang kamu inginkan, usahakan drive C minimal 40GB
  6. Selanjutnya klik apply lalu OK seperti pada gambar di bawah ini
  7. Selanjutnya buat 1 partisi lagi atau lebih jika kamu mau dengan cara yang sama seperti di atas tadi dan pilih apply
  8. Seperti yang kamu lihat pada gambar di bawah ini, saya hanya membuat 2 partisi utama saja, Selanjutnya pilih drive 0 partition 2 untuk lokasi Instalasinya, Perlu di ingat, untuk lokasi instalasi jangan di tempatkan di partisi lain ya, Lalu klik tombol Next
  9. Proses instalasi windows sedang berjalan, biasanya memakan waktu 30 menit lebih, Tunggu hingga prosesnya selesai
  10. Perlu diingat: Cabut Flashdisk atau keluarkan DVD sebelum tahap “finishing up” hal ini untuk mencegah komputer mengulang proses instalasi dari awal saat restart nanti
  11. Jika proses sudah selesai Laptop atau komputer kamu akan melakukan restart secara otomatis

4. Langkah-Langkah Konfigurasi Windows 10

Setelah komputer reboot kamu bisa keluarkan media installer kamu, Cabut flashdisk atau DVD, lalu tunggu prosesnya hingga benar-benar selesai, Jika sudah ikuti beberapa langkah selanjutnya di bawah ini:

  1. Masukan Product Key, Jika kamu memiliki license key atau product key kamu bisa memasukannya lalu klik Next, Jika tidak memilikinya klik do this later
    masukan product key windows 10
  2. Pengaturan selanjutnya akan muncul menu settings, kalian klik tombol use Express settings saja
  3. Pilih menu I own it, Kemudian klik tombol Next
  4. Lalu kamu akan di minta untuk login akun microsoft, jika memilikinya masukan akun microsot kamu dan klik sign in, jika tidak memilikinya klik Skip This Step
  5. Buat akun untuk komputer kamu, Masukan Username (Nama kamu) password, dan hint untuk pengingat jika kamu lupa password windows kamu, Jika sudah silahkan klik tombol Next
  6. Tunggu prosesnya beberapa detik lalu kamu akan masuk ke desktop windows 10
  7. Cara install windows 10 dengan flashdisk/dvd sudah selesai
    cara install windows 10 dengan flashdisk/dvd

Nah, Proses instalasi windows 10 sudah selesai, sebaiknya kamu menginstall driver atau software yang dibutuhkan komputer atau laptop kamu terlebih dahulu sesuai dengan apa yang kamu perlukan.

Jika ada pertanyaan terkait dengan artikel ini, kamu bisa menanyakannya dikolom komentar, admin arshblog pasti akan menjawab dengan secepatnya.

Arsha Anjany
Arsha Anjany

Menyukai hal-hal yang berkaitan dengan teknologi dan internet, Menulis disaat sedang mood saja. Salam kenal ya!

Leave a Comment