Cara Install Windows 7

Windows 7 menjadi sebuah system operasi yang populer, Tak kalah populernya dengan windows 10, Tetapi windows 7 terbilang cukup ringan dan cukup mudah untuk di gunakan, Oleh karena itu di artikel kali ini saya akan membagikan sebuah cara install windows 7 dengan mudah.

Untuk menginstall windows 7 memiliki banyak cara, seperti menggunakan flashdisk, Kaset dan flashdrive, Tetapi di artikel ini saya akan membagikan tutorial menggunakan flashdisk. Tetapi sebelum kalian menginstall windows 7, kamu harus memperhatikan spesifikasi perangkat yang kamu milliki terlebih dahulu.

Spesifikasi Minimal Untuk Instalasi Sistem Operasi Windows 7

  • Prosesor: 1 GHz Untuk Versi 32-bit dan 64-bit
  • RAM: 1 Gigabyte Untuk Versi 32-bit dan 2 Gigabyte Untuk Versi 64-bit
  • Hardisk: Untuk 32-bit Minimal 16 GB dan Untuk 64-bit 20 GB
  • VGA Card: DirectX 9 atau lebih tinggi

Jenis-jenis Versi Windows 7

  • Windows 7 Home Basic
  • Windows 7 Home Premium
  • windows 7 Professional
  • Windows 7 Ultimate
  • Windows 7 Enterprise
  • Windows 7 Starter

Kelebihan Menggunakan Windows 7

  • Stabil dan Ringan
  • Membutuhkan Sedikit
  • Multimedia Lengkap
  • Mudah di Gunakan

Kekurangan Menggunakan Windows 7

  • Lebih Rentan Virus
  • Update Yang Mengganggu
  • Kompatibilitas dengan Hardware Baru Dibatasi
  • Semakin banyak Aplikasi Terinstall Performanya semakin melambat

Jika sekiranya kalian sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan serta sudah cocok spesifikasi perangkat yang di butuhkan, kamu hanya tinggal membuat bootable pada flashdisk dan melakukan instalasi.

Untuk bahan instalasi kamu bisa menggunakan beberapa alat yang saya rekomendasikan di bawah ini:

  1. Rufus
  2. File ISO Windows 7
  3. Flashdisk, Kaset / Flashdrive

Jika file instalasi belum kamu miliki, Kamu bisa membuat bootable windows 7 menggunakan rufus dan file iso windows 7 lalu masukan bootable itu ke flashdisk, Jika semua bahan sudah siap ikut panduan di bawah ini.

Langkah-langkah instalasi windows 7

Pastikan baterai laptop kamu terisi penuh, agar proses instalasi berjalan lancar, kamu juga bisa menghubungkan charger disaat proses instalasi sedang berjalan, jika sudah, ikuti langkah-lagkah di bawah ini.

1. Siapkan File Instalasi

Hal pertama yang harus di lakukan adalah menyiapkan file instalasi untuk proses menginstall windows 7, Seperti yang sudah saya sarankan di atas tadi, Kamu bisa menggunakan bootable dengan flashdisk.

2. Masukan Flashdisk ke Port USB

Jika sudah menyiapkan Flashdisk untuk bootable silahkan colokan flashdisk kalian ke usb lalu lakukan restart.

3. Masuk ke Dalam BIOS

Disaat proses restart kalian tekan tombol Del, F2 / fn+F2 secara berulang untuk masuk ke dalam BIOS.

4. Pilih Menu Boot dan Atur Boot Priority

booting

Jika sudah masuk ke halaman bios gunakan mouse kamu ke arah menu boot, Setelah itu, pada menu boot ubah Boot Option #1 menjadi Flashdisk atau perangkat bootable yang tersedia, untuk mengubahnya kalian bisa melihat intruksi di sebelah kanan, Jika flashdisk sudah ada di urutan pertama simpan pengaturan lalu restart ulang perangkat.

5. Proses Instalasi

Jika proses bootable sudah selesai, Tunggu beberapa menit disaat windows loading files sedang berjalan hingga loadingnya sudah selesai.

Setelah selesai proses loading, kamu akan di minta untuk mengatur pilihan bahasa yang tersedia yang nantinya akan kamu gunakan, Silahkan pilih bahasa yang sesuai, waktu dan bahasa pada keyboard, Sesusai dengan apa yang kamu inginkan.

pemilihan bahasan install windows 7

Selanjutnya jika kalian sudah menetapkan bahasa, waktu dan input keyboard, Klik Install Now dan Tunggu Proses setup is starting.

Setelah setup is starting sudah selesai lalu akan muncul pilihan menu versi windows mulai dari 32-bit dan 64-bit, Untuk versi windows kamu bisa memilih sesuka kalian biak itu home basic, ultimate, enterprise dan professional.

Jika sudah memilih pilihan versi windows yang sudah kamu tetapkan klik Next lalu centang kolom I Accept The License Terms.

Karena kita akan menginstall, Pada menu selanjutnya pilih saja Custome (Advanced) dan kita dapat memilih di drive mana windows 7 kita akan di install.

set up windows 7

Di menu selanjutnya kamu diminta untuk membuat partisi pada Hardisk / SSD, Hal ini untuk digunakan system dan tempat penyimpanan. Tentukan berapa minimal penyimpanan yang di inginkan untuk di jadikan parstisi system (C) untuk Operating System dan data (D) untuk penyimpanan data file.

Setelah selesai membagi partisi pada hardisk, Selanjutnya memulai instalasi windows dan menunggu prosesnya hingga selesai, Proses instalasi akan memakan waktu lebih dari 30 menit, Jika penyimpanan kalian menggunakan SSD, Prosesnya akan lebih cepat di bandingkan menggunakan HDD.

Jika semua instalasi selesai, Windows akan otomatis merestart dengan sendirinya, Lalu akan muncul setup windows, disini kamu di minta untuk memberi nama pribadi dan nama perangkat windows.

Jika sudah mengisi menu tersebut, Kamu akan di minta untuk memasukan password, Klik Next saja jika tidak ingin menggunakan password.

Pada menu selanjutnya, kamu di minta untuk memasukan License Key/Product key, Jika sudah membelinya, masukan product key yang kalian miliki, jika tidak memilikinya klik skip saja, jika kamu belum mengetahui cara aktivasi windows 7, kamu bisa membacanya di artikel yang saya buat sebelumnya.

Langkah selanjutnya kamu di minta untuk memilih 3 pilihan, Kamu pilih saja Ask Me Later, atau jika kalian ingin lebih simpel klik saja Use Recommended Settings. Setup selanjutnya atur format waktu / Zona waktu.

Step selanjutnya pilih lokasi jaringan jika kamu terhubung pada jaringan internet, bisa memilih public, private dan home.Setelah itu, Tunggu proses yang sedang berjalan hingga selesai dan kamu berhasil menginstall windows 7.

set up windows 7

Bagaimana? Cukup mudah bukan cara melakukan instalasi windows 7? Jika kamu kesulitan, jangan sungkan untuk menanyakannya di kolom komentar.

Arsha Anjany
Arsha Anjany

Menyukai hal-hal yang berkaitan dengan teknologi dan internet, Menulis disaat sedang mood saja. Salam kenal ya!

Leave a Comment