Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 10

Untuk kamu yang sedang mencari sebuah cara untuk membuat bootable flashdisk windows 10 dengan USB Flashdisk, Arshblog akan membagikan tutoria lengkapnya di artikel ini untuk membuat bootable windows 10 dengan menggunakan aplikasi rufus.

Biasanya kita membuat bootable USB disaat kita akan melakukan instalasi windows 10, karena hal ini yang perlu kita siapkan terlebih dahulu, dan saya akan membuat bootable tersebut menggunakan rufus.

Meskipun ada berbagai cara untuk membuat bootable windows, tetapi cara yang saya rekomendasikan ini terbilang cukup simpel dan mudah sekali untuk di gunakan.

Sebelum kamu akan membuat bootable windows, kamu wajib mengetahui arsitektur dan spesifikasi laptop atau komputer yang kamu miliki, karena hal ini akan mempengaruhi proses pembuatan bootable nanti.

Karena perangkat komputer terdiri dari 2 jenis sistem arsitektur yaitu 64-bit dan 32-bit, Begitu juga windows 10 memiliki kedua versi yang sama yaitu 64-bit dan 32-bit.

Jika laptop atau komputer kamu adalah versi 32-bit sebaiknya kamu menginstall windows 10 versi 32-bit juga. Karena untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak di inginkan disaat proses instalasi sudah selesai.

Untuk mengetahui sistem arsitektur apa yang dimiliki laptop atau komputer kamu caranya cukup mudah, Silahkan pergi ke menu Settings -> System -> About, dan nantinya kamu akan melihat sistem arsitektur pada perangkat kamu, kurang lebih seperti pada gambar di bawah ini.

system about windows 10

Nah, jika kamu sudah mengetahui arsitektur komputer atau laptop kamu dan semuanya sudah jelas mari kita lanjut ke pembahasan utamanya.

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 10

1. Download Media Creation Tool

Download Media Creation Tool Terbaru secara gratis melalui website resmi Microsoft Silahkan Klik disini untuk mengunjungi situs resmi Microsoft. Jika sudah mengunjungi situsnya Klik Tombol Download tool now utuk mendownload software Media Creation Tool tersebut.

2. Siapkan USB Flashdisk

Sambil menunggu proses download media creation tool selesai, Siapkan sebuah flashdisk, karena kamu akan membuat bootable dengan usb flashdisk windows 10, Siapkan flashdisk dengan kondisi yang baik dan berkapasitas minimal 8GB atau 16GB

3. Buka Media Creation Tool

Setelah selesai terinstall, Buka media creation tool dengan cara double click pada software tersebut, Jika sudah terbuka klik ‘Accept’ lalu lanjutkan proses yang tersedia.

Media Creation Tool windows 10

Step selanjutnya silahkan pilih Opsi kedua yaitu ‘Create installation media (USB flash drive, DVD, or ISO file) for another PC’ lalu klik tombol next.

Media Creation Tool

4. Memilih Bahasa, Sistem Arsitektur dan Edisi

Memilih Bahasa, Arsitektur dan Edisi

Langkah selanjutnya, kamu diminta untuk memiih bahasa, arsitektur dan edisi, untuk arsitektur yang tersedia yaitu 64-bit dan 32-bit, Secara otomatis software ini akan mendeteksi sesuai dengan spesifikasi komputer atau laptop yang kamu miliki.

Tetapi jika kamu ingin melakukan instalasi sesuai dengan keinginan kamu, kmau bisa menghapus centang pada menu Use the recommended options, jika semuanya sudah sesuai silahkan klik tombol Next untuk melanjutkan proses selanjutnya.

5. Download File ISO Windows 10

Untuk mendownload file iso windows 10 pilih opsi ISO file lalu klik tombol Next dan pastikan koneksi internet kamu stabil karena file iso ini memiliki ukuran yang cukup besar pastinya memerlukan koneksi yang besar juga, Jika sudah terdownload file tersebut silahkan ikut langkah selanjutnya di bawah ini.

6. Download Aplikasi Rufus

Download Aplikasi Rufus

Jika kamu belum memiliki aplikasi rufus, kamu bisa mendownloadnya terlebih dahulu, Aplikasi ini bisa di download secara gratis di website https://rufus.ie

Jika sudah menginstall aplikasi Rufus, Buka aplikasi tersebut lalu masukan USB Flasdisk yang kamu milliki ke komputer atau laptop kamu. Seperti yang sudah saya sampaikan tadi, minimal flashdisk adalah 8GB agar cukup untuk membuat bootable windows 10 ini.

Step selanjutnya klik pada bagian Select dan pilih file iso windows 10 yang sudah kamu download tadi, dan ubah pengaturannya menjadi seperti pada gambar di bawah ini.

Membuat Bootable Flashdisk Windows 10 dengan rufus

Jika semuanya sudah terlihat sesuai, lalu klik tombol Start, dan tunggu proses pembuatan bootable windows 10 sedang berjalan, Proses ini biasanya memakan waktu 8-15 menit, Tetapi akan lebih cepat jika hardware komputer kamu mencukupi.

Setelah semua proses selesai, flashdisk kamu sekarang sudah siap digunakan untuk upgrade, install dan install ulang perangkat laptop atau komputer kamu, Jika ada pertanyaan silahkan kirim di kolom komentar, Terimakasih.

Arsha Anjany
Arsha Anjany

Menyukai hal-hal yang berkaitan dengan teknologi dan internet, Menulis disaat sedang mood saja. Salam kenal ya!

Leave a Comment