Cara Memperkuat Sinyal WiFi

Diera globalisasi ini wifi menjadi kebutuhan primer bagi sebagian orang yang setiap hari menggunakannya. Tidak sedikit orang menggunakan wifi untuk melakukan berbagai kegiatan vital seperti pekerjaan, tugas sekolah dan mencari informasi lainnya, oleh karena itu kita perlu memperkuat sinyal wifi agar aktifitas kita bisa berjalan lancar.

Namun terkadang wifi yang digunakan tidak selalu bagus kecepatannya, sering sekali kita sebagai pengguna wifi mengalami masalah seperti kecepatan internet lambat yang bisa saja disebabkan oleh beberapa hal.

Tapi dalam mengatasi masalah tersebut sangatlah mudah, kamu bisa melakukan beberapa cara yang saya berikan untuk menguatkan sinyal wifi agar stabil.

1. Mengubah Posisi Router

Cara memperkuat sinyal wifi pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan cara mengubah posisi router. Pada umumnya orang cenderung menyimpan router pada tempat yang tertutup karena memiliki tampilan menganggu.

Padahal hal tersebut sangatlah salah karena menganggu sinyal wifi yang diterima oleh router kecuali kamu menggunakan kabel untuk menerimanya.

Cara yang tepat agar sinyal yang diterima bagus adalah dengan menempatkan router pada tempat yang terbuka, seperti ditempel di dinding, ditaruh di atas meja atau taruh pada langit-langit rumah agar lebih bagus.

2. Gunakan Router Terbaru

Router merupakan perangkat keras yang memiliki spesifikasi berbeda pada setiap modelnya. Terdapat perbedaan kekuatan dalam penerimaan sinyal wifi antara router lama dengan baru

Pengalaman yang telah saya alami adalah menggunakan router tenda jenis lama yang cukup sering mengalami masalah seperti sinyal putus-putus.

Namun ketika saya membeli tenda model baru dengan spesifikasi yang lebih tinggi perbedaan pun sangat terasa, sinyal lebih cepat dan stabil. Jadi untuk kamu yang masih menggunakan router lama coba beralih ke router model baru.

3. Gunakan Kanal Yang Tepat

Apabila kamu memiliki tetangga yang memasang wifi di rumahnya maka hal tersebut bisa menyebabkan permasalahan pada wifi yang kamu gunakan.

Permasalah bisa terjadi ketika kamu dan tetangga menggunakan kanal dan router yang sama. Jika demikian kamu bisa menggunakan tools gratis yang dapat didownload secara gratis untuk mengubah kanal.

Silahkan download aplikasi inssider pada playstore atau appstore, setelah itu carilah kanal yang kosong dengan pengguna yang minim agar gangguan pada sinyal dapat diminimalisir.

4. Jauhkan Router dari Perangkat Lain

Terdapat beberapa perangkat yang dapat menganggu sinyal pada wifi. Jika sinyal kamu lemah silahkan cek apakah terdapat barang elektronik seperti microwave atau telepon tanpa kabel.

Apabila ada perangkat yang saya maksud silahkan jauhkan router dari perangkat-perangkat tersebut agar sinyal kembali lancar.

5. Melihat Pengguna Wifi

Jika kamu telah melakukan cara diatas untuk memperkuat sinyal wifi namun tidak ada perubahan, bisa saja ada orang lain yang menggunakan wifi kamu.

Kamu bisa masuk ke pengaturan router dengan memasukan ip addres yang biasanya terdapat pada router. Setelah itu cek apakah ada pengguna dari device yang tidak diketahui.

Apabila terdapat device mencurigakan langsung saja ubah nama wifi serta gunakan pengamanan wpa2 pada password wifi agar lebih aman, tentukan password wifi yang sulit agar tidak mudah dibobol.

6. Mengontrol Bandwidth

Cara memperkuat sinyal wifi selanjutnya adalah dengan cara mengontrol bandwidth pada router. Cara ini bertujuan agar bandwidth yang digunakan oleh user tidak tergunakan hanya pada satu pengguna.

Misalnya ada orang yang pakai wifi kamu lalu digunakan untuk mendowload film, maka ia akan mengambil bandwidth sebanyak mungkin sehingga pengguna lainnya akan kehilangan bandwidth akibatnya wifi terasa lambat.

Untuk mengatasi permasalahan ini kamu bisa mengatur bandwidth pada masing-masing user. Contohnya setiap user hanya diberi kecepatan 512 kbps sehingga semua user hanya dapat kecepatan tersebut dan tidak saling mengambil bandwidth.

7. Menggunakan Wifi Repeater

Alat yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki rumah besar. Kecepat wifi yang lambat bisa saja disebabkan oleh device yang kamu gunakan terlalu jauh dari sumber internet.

Akibatnya sinyal yang didapat dari device sangat lemah. Repeater berfungsi untuk menangkap dan menyebarkan kembali sinyal wifi sehingga seluruh ruangan yang ada dirumah tercover semua.

8. Reboot Router

Biasanya router yang kita gunakan akan menyala selama 24 jam penuh tanpa henti. Apabila router digunakan secara terus menerus tentu saja akan menyebabkan permasalahan.

Kamu bayangkan router sebagai manusia, apabila router dipakai terus menerus tanpa henti maka ia akan kelelahan sama halnya dengan manusia.

Oleh sebab itu kita bisa melakukan reboot agar router dapat beristirahat. Reboot bisa dilakukan dengan cara masuk ke pengatura router. Beberapa model router terdapat mode otomatis untuk mereboot router pada jam yang telah ditentukan.

Menggunakan Aplikasi Penguat Sinyal

Menguatkan sinyal wifi juga bisa dilakukan dengan aplikasi tambahan. Aplikasi tersebut bisa kamu pasang pada android agar wifi yang diterima lebih kuat.

Berikut aplikasi penguat sinyal wifi:

  1. Wifi Doctor: Aplikasi wifi doctor memiliki fungsi untuk memperkuat serta mempercepat koneksi wifi dengan cara menutup aplikasi tidak penting di latar belakang.
  2. Wifi Master Pro: Kamu bisa memasang aplikasi satu ini untuk mengoptimalkan speed wifi yang didapat pada android. Jadi sangat cocok untuk kamu yang ingin penguat sinyal wifi.
  3. Wifi Signal Booster: Dengan aplikasi wifi signal booster kecepatan internet kamu akan bertambah karena ia akan mendeteksi aplikasi pada latar belakang yang tidak penting.

Memperkuat sinyal wifi dengan aplikasi bisa kamu coba dengan mendownload salah satu aplikasi yang telah saya rekomendasikan di atas melalui playstore.

Indrawansyah
Indrawansyah

Seorang yang lebih suka menyendiri tanpa memiliki teman.

Leave a Comment