Cara Mengatasi Laptop Lemot

Ingin mengatasi laptop lemot saat dihidupkan? Atau laptop kamu kadang lag? Jangan khawatir, di artikel ini saya akan membagikan cara agar laptop kamu menjadi cepat dan normal kembali.

Kita mungkin pernah mengalami masalah yang umum terjadi pada sebuah laptop, Yang tadinya laptop kamu normal tetapi menjadi lemot, Hal ini menjadi hal yang wajar untuk pengguna laptop.

Umur laptop juga bisa menjadi faktor utama disaat terjadi lemot pada laptop, Tetapi kadang menjadi suatu hal yang aneh jika laptop kamu baru, dan kamu pasti akan kebingungan mengapa laptop baru kamu menjadi lag.

Bisa juga karena terkena serangan virus dan malware yang menyebabkan laptop menjadi lemot, Bukan itu saja, Kamu harus memerhatikan perubahan apa yang kamu dapatkan saat ini dari segi software, download file dan lain sebagainya, Untuk memahami lebih lanjut penyebab laptop kamu lemot silahkan simak ulasan berikut.

Penyebab Laptop Lemot

  1. Terlalu banyak software yang berjalan
  2. Terlalu banyak aplikasi yang diinstall
  3. Karena Multitask Banyak Aplikasi
  4. Terlalu banyak file sampah pada laptop
  5. Laptop diserang virus malware
  6. Menjalankan Aplikasi Yang Berat
  7. Hardisk Penuh
  8. Kapasitas RAM terlalu kecil
  9. Processor yang Terlalu Panas

Nah jika masalah kamu terdapat dari salah satu diatas, Itu artinya laptop kamu mengalami masalah yang kecil, dan untuk mengatasinya cukup mudah, silahkan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

Mengatasi Laptop Lemot Agar Kembali Normal

1. Matikan / Uninstall Aplikasi Yang Tidak Penting

Silahkan matikan aplikasi atau uninstall aplikasi yang menurut kamu tidak penting, hal ini akan membantu mempercepat laptop kamu, Jika kamu tidak ingin uninstall aplikasi, kamu bisa mematikan aplikasi berat yang sedang berjalan di taskmanager dengan cara di bawah ini.

  • Buka Task Manager dengan cara tekan tombol Windows+R lalu ketik msconfig setelah itu klik tombol OK, Jika kamu pengguna windows 8-10 kamu bisa membuka system configuration dengan cara masuk ke task manager
  • Lalu akan muncul menu System Configuration, setelah itu klik tab Start up
  • Selanjutnya pilih software yang menurut kamu tidak terpakai dan disable software tersebut dengan cara klik kiri pada aplikasi yang dipilih Lalu klik tombol Disable

Nah jika kamu ingin uninstall aplikasi yang tidak penting agar laptop kamu menjadi semakin cepat ikuti tutorialnya di bawah ini:

  1. Buka Controll Panel lalu pilih Uninstall a program
    controll panel
  2. Pilih software tidak penting yang akan kamu uninstall, Setelah dipilih, klik tombom uninstall dan tuggu prosesnya hingga selesai
    uninstall aplikasi agar laptop tidak lemot

2. End Task Software Berat Yang Sedang Berjalan

Cara kedua kamu bisa mematikan atau end task start up yang sedang berjalan di task manager, untuk caranya ikuti beberapa langkah di bawah ini.

  1. Buka Task Manager
  2. Pilih Tab Processes, Pilih aplikasi yang menurut kamu tidak terpakai lalu end task aplikasi tersebut dengan cara klik kanan pada aplikasi tersebut setelah itu pilih End Task
    task manager

3. Scan Laptop Dengan Antivirus

Penyebab laptop atau komputer kamu lemot juga bisa jadi karena adanya serangan virus / malware, Untuk mengetahui adanya virus dalam komputer kamu cukup mudah, berikut tanda-tanda laptop di serang virus

  1. Kinerja Laptop Mendadak Menjadi Lemot
  2. Disk Usage Mendadak Menjadi 100%
  3. CPU Usage Mendadak Menjadi 100%
  4. Antivirus Menjadi Tak Aktif
  5. Terdapat software yang terinstal tetapi kamu tidak merasa menginstallnya
  6. Sulit Terhubung ke Internet

Nah untuk mengatasinya kamu bisa scan dan hapus virus tersebut dengan software antivirus terbaik, Jika kamu tidak memiliki aplikasi antivirus, kamu dapat mendowlonadnya terlebih dahulu.

Setelah itu scan laptop atau komputer kamu, jika menemukan virus, segera hapus virus tersebut dengan aplikasi antivirus yang kamu install.

4. Upgrade RAM

RAM yang terlalu kecil juga bisa menjadi faktor laptop atau komputer lemot, Kamu bisa mengupgrade ram yang kamu miliki menjadi lebih besar.

Sebelum mengupgrade RAM ada baiknya kamu periksa DDR berapa, Setelah tahu DDR nya kamu bisa membeli RAM yang sesuai dengan laptop atau komputer yang kamu miliki.

5. Ubah Penyimpanan System Operasi Menggunakan SSD

Nah, Hardisk juga menjadi faktor lemotnya laptop yang kamu miliki, Jika kamu menggunakan hardisk dan mengalami masalah lag itu hal yang wajar, Untuk mempercepat system operasi / laptop kamu, kamu bisa mengubah penyimpanan system operasi menggunakan SSD.

6. Jangan Menggunakan Laptop Terlalu Lama

Menggunakan laptop terlalu lama juga jadi bagian lemotnya laptop, Normalnya batas maksimal laptop berjalan adalah 5-8 jam, jangan juga gunakan laptop disaat sedang dicharger.

Menyalakan dan memainkan laptop disaat sedang di charger memang bukan sebuah masalah, Tetapi sewajarnya saja, Karena jika melakukannya sesering mungkin hal ini akan membuat laptop kamu menjadi lemot dan rusak.

Bagaimana? Mudah bukan mengatasi laptop lemot? Jika ada pertanyaan jangan sungkan untuk memberikan pertanyaan di kolom komentar, Terimakasih.

Arsha Anjany
Arsha Anjany

Menyukai hal-hal yang berkaitan dengan teknologi dan internet, Menulis disaat sedang mood saja. Salam kenal ya!

Leave a Comment