Cara Menghapus Chromium

Tidak sedikit orang yang menganggap jika chromium adalah aplikasi google chrome. Namun penyataan tersebut salah, kedua aplikasi tersebut sangatlah berbeda, dan banyak juga dari mereka ingin menghapus chromium.

Untuk menghapus aplikasi chromium kamu bisa memilih tiga cara, 3 cara tersebut yaitu menggunakan fitur windows, menghapus folder dan cara terakhir jika chromium tidak bisa dihapus kita menggunakan aplikasi IObit Uninstaller.

Apa Itu Chromium?

Sebelum masuk kepembahasan utama ada baiknya kamu lebih mengenal tentang aplikasi chromium. Chromium adalah aplikasi web browser yang dikembangkan oleh komunitas browser open source.

Perlu diketahui bahwa google chrome merupakan aplikasi hasil pengembangan oleh google dari chromium yang open source. Banyak sekali versi chromium diinternet dan terkadang secara otomatis terinstall sendiri pada komputer kita.

Alasan Mengapa Chromium Dihapus

Seperti yang kita tahu cara kerja dari aplikasi chromium sangat menganggu bahkan terlihat seperti virus karena jika pc/laptop dinyalakan ia selalu muncul.

Kebanyakan orang terganggu dengan hal tersebut dan tidak heran banyak sekali orang yang mengatakan bahwa chromium adalah sebuah virus.

Tidak hanya itu, beberapa orang merasa pc/laptop mereka terasa lambat saat chromium berjalan. Dengan alasan tersebut chromium harus segera dihapus.

Menghapus atau menguninstall chromium pada dasarnya sama saja dengan menghapus program lainnya. Tetapi dalam beberapa kasus ditemui jika chromium sulit untuk dihilangkan.

1. Cara Menghapus Chromium Lewat Control Panel

Untuk kamu yang sistem operasinya terkena malware akibat dari chromium lebih bagus langsung saja hapus aplikasi tersebut sampai ke akarnya.

Berikut cara menghapus chronium:

  1. Buka Start lalu pilih Control Panel
  2. Silahkan masuk ke menu Programs > Program and Features
  3. Kemudian cari aplikasi chromium
  4. Klik kanan pada aplikasinya lalu pilih uninstall
  5. Jendela baru akan muncul untuk memverifikasi bahwa kamu ingin benar-benar menghapus chromium
  6. Selanjutnya pilih uninstall

Tunggu proses uninstall berlangsung, jika sudah selesai kamu bisa melihat apakah chromium sudah benar-benar hilang atau tidak.

Jika kamu sudah melakukan cara diatas namun chromium masih tetap terinstall dan tidak terhapus, silahkan kamu coba cara berikut untuk menghapus chromium.

  1. Pertama silahkan buka File Explorer
  2. Selanjutnya pada bagian menu atas klik Tools > Folder Option > Centang pada Hidden Item atau item tersembunyi
    Cara Menghapus Chromium
  3. Kemudia masuk ke folder C:\User\Nama User\App Data\Local\
  4. Selanjutnya cari folder tempat chromium berada
  5. Jika ketemu hapus folder tersebut dengan cara klik kanan lalu delete

Untuk melihat apakah chomium benar-benar terhapus atau tidak silahkan restart pc/laptop kamu, jika pada awal chomium tidak muncul bisa dipastikan sudah terhapus.

2. Cara Menghapus Chromium Menggunakan IObit Uninstaller

Apabila kamu telah melakukan kedua cara diatas namun tetap tidak mendapatkan hasil yang memuaskan, cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Salah satu aplikasi uninstaller yang terkenal adalah IObit, dengan aplikasi ini program yang sulit terhapus akan mudah dihapus olehnya. Karena fungsinya menghapus program yang terpasang hingga ke akarnya.

  1. 500Pertama download dulu aplikasi IObit Uninstaller melalui website resminya
  2. Setelah itu buka dan install aplikasi tersebut seperti biasa
  3. Apabila proses installasi selesai langsung saja cari aplikasi Chromium pada halaman beranda IObit
  4. Klik pada chromium lalu pilih Uninstall atau gambar tempat sampah
  5. Jendela baru akan muncul, untuk menguninstall aplikasi diberikan dua pilihan oleh IObit. Pilihlah Automatically Remove Residual File
    Cara Menghapus Chromium
  6. Lalu kluk tombol uninstall
  7. Tunggu proses uninstall hingga selesai

Sebagai catatan dalam memilih opsi yang diberikan IObit Uninstaller.

  • Create a Restore Point, opsi tersebut bisa dipilih jika kamu ingin IObit membuat file cadangan dari aplikasi yang sudah dihapus. Jadi, ketika kamu membutuhkan aplikasi itu kembali maka cukup membuka cadangan file yang telah dibuat.
  • Automatically Remove Residual File, opsi ini memiliki fungsi untuk menghapus secara kesuluruhan data yang tersimpan, misalnya data cache dan registry aplikasi tersebut.

Dengan menggunakan aplikasi IObit saya pastikan chromium akan terhapus secara keseluruhan.

Tips Agara Chromium Tidak Muncul Kembali

Chromium bisa saja kembali lagi pada waktu terntu yang tidak akan kamu ketahui. Nah untuk mengatasi hal ini kamu bisa memanfaatkan aplikasi antivirus.

Sebenarnya antivirus bawaan dari windows saja sudah cukup, namun bila perlu kamu bisa menginstall antivirus tambahan. Antivirus yang bisa menjadi pilihan kamu adalah sebagai berikut.

  • Avast
  • Smadav
  • BitDefender

Jangan sekali-kali menginstall aplikasi antivirus yang mencurigai, karena bisa saja itu adalah virus.

Demikianlah artikel mengenai cara menghapus chromium, dengan menghapus aplikasi tersebut insyaallah pc/laptop kamu tidak akan terasa berat lagi.

Indrawansyah
Indrawansyah

Seorang yang lebih suka menyendiri tanpa memiliki teman.

Leave a Comment